Menu Tutup

Restrukturisasi, Formasi Indonesia Ubah Fokus Menjadi Circle Kreatif

Saya sudah sejak lama menyadari jika kata “Lingkarya” adalah padanan kata dari “Circle” yang diambil dari dua kata, yakni “lingkar” dan “karya”. Kosakata ini saya dapatkan dari teman saya, Excel Coananda yang kini sedang mengurus Lingkarya Moesia yang sudah berkembang pesat dalam membangun industri kreatif dalam negeri.

Awalnya, Formasi Indonesia dibentuk sebagai “holding” berbagai media yang bekerjasama dengan Media Formasi. Dan memang di awal kehadirannya, anggota media kami lebih banyak dibanding anggota kreatif kami. Oleh karenanya, kami memiliki dua fokus utama, Media dan Industri Kreatif.

Namun setelah dipikir-pikir kembali, dengan branding “lingkarya” yang condong ke arah karya kreatif, dan berhubung Media Formasi semakin terintegrasi dengan adanya merger dengan beberapa partner, maka kurang pantas jika sebuah lingkarya memiliki anggota media yang bisa dibilang “out of topic”. Selain itu, selama satu tahun ini anggota kreatif Formasi Indonesia sudah semakin banyak dan berkembang dari sisi jumlah pemirsa.

Melihat beberapa hal diatas, dan juga beberapa faktor lainnya, akhirnya kami memutuskan untuk mengalihkan fokus kami dengan mengakhiri divisi Media Network Formasi Indonesia dan lebih berfokus ke divisi Industri Kreatif kami.

Perubahan ini dilakukan untuk restrukturisasi lingkarya agar tetap berjalan mulus dan efisien kedepannya. Nantinya, media yang sudah bergabung ke dalam Formasi Indonesia akan dialihkan kerjasamanya ke Media Formasi sebagai partner. Sama seperti di masa awal terbentuknya Formasi Indonesia. Selain itu, setiap anggota kreatif kami akan diliput oleh Media Formasi sebagai media resmi Formasi Indonesia. Media Formasi yang nantinya akan menggantikan peran Formasi Media Networks.

Kedepannya, Formasi Indonesia akan terus memajukan karya kreatif kawula muda Indonesia dengan lebih baik. Dan Media Formasi akan menjadi media yang turut membantu menyiarkan karya-karya tersebut.

Bagi kami, keuntungan bukanlah fokus utama kami. Berkarya adalah fokus utama kami. Dalam Formasi Indonesia, kekeluargaan dan kolaborasi adalah prioritas nomor satu. Persaingan sehat dan kekerabatan serta kerjasama adalah sebuah keharusan. Untuk masa depan kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *